Paiton Unit 3 Produktif Alirkan 815 MW ke Grid Jawa Bali

Semenjak diresmikan 6 Juni 2012  oleh Menteri Sumber Daya Mineral Indonesia  Jero Wacik, disaksikan oleh Shigeru Ushio, Yang Mulia Duta Besar Jepang di Indonesia; Low Kian Min - Presiden Paiton Energi, dan Koji Hiramoto, Deputy Head of Power Systems - MHI, Paiton Unit 3 secara terus menerus lancar membangkitkan 815 MW ke Grid Jawa Bali.


Foto: MFurqan

Sebagai bagian dari PT Paiton Energy,  pembangkit listrik baru 815 MW ini dibangun di lokasi yang berdekatan dengan Unit 5&6 dan Unit 1&2 dalam kompleks PLTU Paiton, yang terletak sekitar 141 kilometer tenggara kota Surabaya, Pembangkit baru ini terdiri dari turbin uap dan boiler tekanan superkritis.


MHI - Mitsubishi Heacy Industry memproduksi dan memasok turbin uap dan boiler, sedangkan instalasi dan pekerjaan konstruksi dilakukan bersama oleh TOA Corporation dan Mitsui & Co, Ltd dari Jepang. 

PT Paiton Energy merupakan IPP didirikan di Indonesia pada tahun 1995. Ekuitas dimiliki oleh Mitsui & Co, Ltd; International Power dari Inggris; Tokyo Electric Power Company, Incorporated (TEPCO), dan PT Batu Hitam Perkasa Indonesia. 

Tekanan batu bara pembangkit listrik superkritis ini diharapkan memberikan efisiensi lebih tinggi dari tekanan subkritis dan mampu mengurangi konsumsi batubara relatif terhadap daya output, yang menghasilkan karbon dioksida yang lebih rendah (CO2). 



Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More